Tuesday, June 24, 2008

CARA BERPIKIR POSITIF

Kunci keberhasilan hidup merupakan berpikir positif. Dengan pikiran yang positif segala sesuatu dapat dijalani tanpa terbebani oleh seribu pikiran buruk dan terhindar dari perasaan takut gagal.Berpikir positif juga menyehatkan. Karena berpikiran positif akan menyembuhkan seseorang, bahkan yang terkena penyakit kronis. Karena memberi perasaan memiliki kendali atas kesehatan tubuh dan masa depan Anda. Jadi jika Anda merasa belum berpikiran positif maka Anda harus mulai belajar berpikir positif, simak langkah-langkah berikut ini.
::::::::::::::::::::::::Bangkitkan motivasi.
Membangkitkan motivasi diri yang kuat dan menambah wawasan yang memperkuat berpikir positif merupakan langkah penting. Pengukuran "kualitatif" motivasi dapat dilakukan dengan memberikan pemisalan "negative case" jika suatu tujuan tidak tercapai. Seperti merenungkan kemungkinan jika Anda tidak diterima kerja, dari jawaban Anda maka bisa diprediksi dan dirasakan seberapa kuat motivasi Anda untuk diterima kerja.
::::::::::::::::::::::::::::Yakinkan Anda bisa dan mampu.
Kelemahan motivasi seringkali disebabkan oleh pikiran negatif tentang kemampuan diri sendiri atau tentang mekanisme gerak kehidupan.
:::::::::::::::::::::::::::::::Cobalah untuk membangkitkan konsep diri positif pada diri Anda.
Jika Anda berpikir bahwa Anda bisa maka Anda akan bisa. Katakan setiap ingin melakukan apapun dan yakinkan bahwa Anda bisa. Jika saat ini gagal, berusahalah terus-menerus tanpa kenal lelah. Percayalah, sugesti dari dalam diri dapat membantu Anda mempercepat mencapai proses yang Anda harapkan.
::::::::::::::::::::::::::::::::Jangan menyerah.
Jauhkan paham fatalisme yang menyerah pada nasib. Hal ini memiliki pengaruh kuat dalam diri Anda untuk membenarkan kegagalan. Menyadarkan kesalahan atau kelemahan pada takdir seperti mengatakan bahwa Anda bodoh merupakan sumber "negative thinking" yang signifikan. Jadi Anda harus menghilangkan pikiran tersebut.
:::::::::::::::::::::::::::::::Pandang kebaikan.
Pandanglah sesuatu dari sisi baiknya. Karena berpikir positif adalah memandang segala sesuatu dari sisi pandang kebaikannya. Orang yang berpikir positif akan memandang keterbatasan kemampuannya pada suatu saat. Bukan sebagai suatu kebodohan yang menimbulkan berbagai kesialan, tapi memandangnya sebagai suatu tantangan yang sangat nikmat untuk diatasi. Orang yang berpikir positif akan memandang perjuangan dan harapan. Orang yang berpikir positif akan memandang keterbatasan ekonominya sebagai suatu sarana untuk hidup sederhana. Dengan kesederhanaan ini Anda akan meraih kebahagiaan.

No comments: